RILIS AUDIENSI WR 1 BIDANG AKADEMIK : TENTANG KEBIJAKAN KAMPUS MENGENAI SURAT EDARAN REKTOR NO. 7/UN39/SE/2020

Jakarta, 19 Maret 2020,- SWARA UNJ perwakilan, BEM UNJ, MTM UNJ, dan calon wisudawan semester 111, melakukan audiensi dengan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. Suyono. Dalam pertemuan ini ada tiga hal yang menjadi pokok bahasan, yaitu Penyelenggaraan Wisuda, Pembelajaran Jarak Jauh, dan Proses Bimbingan Skripsi.

Mengenai Penyelenggaraan Wisuda didapat beberapa kesimpulan:

1.      Wisuda Semester 111 akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Untuk selanjutnya, wisuda akan dilaksanakan sebanyak empat kali dan sudah tercatat dalam kalender akademik
2.      Lulusan Semester 111 diberi hak untuk mengikuti atau tidak mengikuti wisuda  pada kesempatan wisuda periode berikutnya dengan cara melaporkan kepada bagian akademik fakultas
3.      Lulusan Semester 111 yang ingin mengikuti wisuda diharap melapor ke bagian akademik fakultas
4.      Tanggal kelulusan bukanlah tanggal wisuda, melainkan tanggal yudisium.
5.      Ijazah tidak akan tertunda dalam waktu yang lama. Bagi yang ingin melamar pekerjaan, akan diberikan ijazah dan transkrip nilai.
6.      Mekanisme pembagian ijazah akan dikoordinasikan pada masing-masing fakultas, dan dibatasi kuota perhari.
7.      Rapat pimpinan akan dilaksanakan pada minggu kedua atau ketiga bulan Mei 2020 untuk memastikan tanggal wisuda.

Terkait Pembelajaran Jarak Jauh akan dibuat program Learning Management System yang dibuat oleh LP2M sebagai program pembelajaran jarak jauh di UNJ. Wakil Rektor 1 telah merancang perkuliahan dengan sistem blended learning dengan standar minimal memuat video, animasi, dan suara. Selain itu, dikarenakan kondisi yang tidak terencana maka pembelajaran jarak jauh dibuat sesuai kebutuhan. Perihal sistem PJJ yang dilakukan di luar waktu yang tertera di SIAKAD, pihak WR 1 telah mengimbau kepada koordinator program studi untuk menjamin mutu pendidikan yang diterima oleh mahasiswa. Wakil Rektor 1 juga mengatakan saat rapat akademik akan disampaikan agar seluruh dosen menyepakati aplikasi yang akan digunakan dalam pelaksanaan PJJ agar tidak memberatkan mahasiswa.

Selanjutnya mengenai proses bimbingan skripsi yang tidak dapat dilakukan secara langsung. Sebagian besar responden menganggap hal ini berdampak pada proses penyusunan skripsi. Maka dari itu, saat rapat kerja berikutnya akan diinformasikan terkait program apa yang akan digunakan selama proses bimbingan. Untuk Surat Keterangan Pendamping Ijazah masih dalam proses.

Penulis : (IK)
Penyunting : (SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: