HARI PERINGATAN STRATEGI KONSERVASI DUNIA

(Jakarta, SWARA UNJ) – Tahukah kalian bahwa hari ini (6 Maret 2020) adalah Hari Peringatan Strategi Konservasi Dunia. 🌍

Pembangunan merupakan salah satu upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan hidupnya, yaitu dengan memodifikasi sumber daya alam melalui pengembangan ilmu pengetahuan yang ada.
Namun, terkadang beberapa negara tidak sadar bahwa mereka telah menguras kekayaan alamnya hingga tidak dapat diperbaharui kembali.

Sumber daya alam yang semakin menipis dapat mengancam kelangsungan hidup manusia di bumi. Oleh karena itu, perlu adanya langkah-langkah mengupayakan konservasi.

Strategi konservasi merupakan panduan untuk mengelola lingkungan yang diharapkan dapat menjadi solusi memilih cara pelestarian dengan tepat.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki kawasan konservasi dengan luas ±27 juta hektar dan dengan sumber daya alam yang luar biasa. Di Indonesia, konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem merupakan tanggung jawab pemerintah
oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sejalan dengan strategi konservasi dunia, Indonesia mendeklarasikan Strategi Konservasi Indonesia yang tertuang dalam UU No. 5/1990.

Selamat Hari Strategi Konservasi Sedunia, semoga sumber daya alam hayati yang telah kita perjuangkan dapat memberi manfaat yang sangat baik kedepannya.

#HariStrategiKonservasiDunia

#AyoLestarikanAlam

#SWARAUNJ

#SWARAINDONESIA

#GoresanKitaKaryaKita

(WK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: