Mahasiswa Bersama Guru

PRESS RELEASE
#GURUBERDAULAT

Jakarta, 27 November 2019 Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia telah melaksanakan aksi yang bertajuk “Mahasiswa bersama guru”. Aksi ini diikuti oleh berbagai kampus seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas YARSI, STT PLN, STEI SEBI, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pasundan, Universitas Pembangunan Jaya, AKA Bogor dan Institute Business School.

Aksi dimulai dari pukul 14.00 WIB diawali dengan longmarch yang berawal dari Kementerian Pariwisata menuju Istana Negara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan orasi ilmiah dari tiap-tiap perwakilan kampus. Namun, hingga pukul 16.45 WIB massa aksi tertahan di depan Kemenko PMK.

Pada pukul 16.49 WIB massa aksi mencoba membarikade jalan di sekitar Kemenko PMK karena massa aksi sudah dibarikade oleh polisi sehingga tidak dapat menuju Istana Negara, akan tetapi ketika massa aksi membarikade dengan cepat dihalau oleh polisi dengan tindakan mendorong border massa aksi agar kembali seperti sebelumnya.

Dari pihak kepolisian mengaku ada miss comunication karena tidak mengetahui akan ada aksi hari ini, padahal surat pemberitahuan sudah disampaikan sebelum aksi.

Dipenghujung aksi, massa aksi mahasiswa menyampaikan pernyataan sikap yang berisikan;

  1. Mendesak Presiden Republik Indonesia untuk segera mengeluarkan Perpres mengenai PPPK.
  2. Mendesak pemerintah untuk mengoptimalkan pengontrolan kualitas guru.
  3. Mendesak pemerintah untuk melaksanakan peraturan terkait jaminan keamanan terhadap guru dalam mendidik yang diatur pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  4. Menuntut pemerintah untuk memenuhi kebutuhan guru terhadap peserta didik disetiap daerah demi tercapainya kualitas pendidikan yang baik.

Sebelum aksi ditutup massa aksi menyanyikan lagu totalitas perjuangan dan sumpah mahasiswa. Aksi berakhir pada pukul 17.25 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: