Press Release Manfaat Dana Pendidikan

Jakarta, November 2019— Kegiatan Nadi semester 111 dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan September-November. Pada bulan September dilaksanakan roadshow Nadi ke tiap-tiap fakultas, bulan Oktober dilaksanakan penggalangan Nadi, dan pada bulan November dilaksanakannya GWN (Gelar Wicara Nadi).

Roadshow Nadi diadakan satu bulan penuh dengan tujuan agar tersampaikan maksud dan tujuan diadakannya Nadi di semester 111. Dengan diadakannya Roadshow di setiap fakultas, diharapkan segala pertanyaan dari mahasiswa seputar Nadi dapat terjawab serta mampu mengajak mahasiswa UNJ agar tidak menutup mata dan peduli terhadap sesama.
Roadshow Nadi berlangsung dari tanggal 11 September-2 Oktober 2019. Dimulai dari Fakultas Teknik pada tanggal 11 September. Dilanjutkan Fakultas Bahasa dan Seni yang berlangsung tanggal 20 September. Lalu tanggal 26 September
yang dilaksanakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Fakultas Ilmu Pendidikan, kemudian pada tanggal 27 September berlangsung di Fakultas Pendidikan Psikologi. Di pekan selanjutnya, Roadshow Nadi berakhir di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Ekonomi pada tanggal 2 Oktober 2019.

Pada bulan Oktober, dilaksanakan penggalangan Nadi di setiap fakultas yang berlangsung selama 1 bulan. Setiap mahasiswa yang berdonasi dicatat pada buku Nadi.

Rangkaian kegiatan Nadi yang terakhir adalah Gelar Wicara Nadi, yang dilaksanakan pada hari Jumat, 22 November 2019 di Lt. 10 Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ. Acara dimulai pada pukul 16.40 WIB, yang dibuka oleh Deo Ferdinar (ketua TPM) selaku pembawa acara dan dilanjutkan dengan tilawah oleh Kelik Is Cahyanto. Acara dilanjutkan dengan penyampaian perolehan Nadi semester 111 oleh Naufal Ario Wibowo. Pada laporan tersebut disampaikan data perolehan Nadi di setiap fakultas antara lain:
▪FMIPA berjumlah Rp4.511.000
▪FE berjumlah Rp2.292.000,
▪FT berjumlah Rp1.256.000,
▪FIP berjumlah Rp3.062.900,
▪FIK berjumlah Rp700.000,
▪FBS berjumlah Rp5.830.600,
▪dan FPPsi berjumlah Rp1.659.000.

Berdasarkan jumlah tersebut, dapat dilihat bahwa perolehan Nadi Semester 111 menurun. Oleh karena itu, acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai evaluasi dan saran tiap fakultas untuk program Nadi selanjutnya. Setiap fakultas memberikan evaluasi selama rangkaian berlangsung di antaranya terdapat beberapa kelas yang belum menyetorkan dana yang terkumpul ke fakultas, dan banyaknya agenda di masing-masing fakultas yang menyebabkan banyak juga pengeluaran. Selain itu, beberapa peserta GWN juga memberikan saran kepada Advokasi BEM UNJ untuk melakukan pembaharuan dalam sistem Nadi agar mahasiswa lebih mudah diajak untuk berdonasi.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Challenge Fakultas. Adapun kategori Donasi Terbanyak diberikan kepada Fakultas Bahasa dan Seni, Donatur Terbanyak diberikan kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Tim Tersigap selama rangkaian Nadi diberikan kepada Fakultas Pendidikan Psikologi. Acara ini pun ditutup pada pukul 17.45 WIB, dan diakhiri dengan doa oleh Syafiq. Harapan dari adanya evaluasi, saran, dan reward dapat memperbaiki kekurangan yang ada, sehingga dapat menjadi lebih baik di semester selanjutnya, dan bagi tiap fakultas menjadi lebih semangat dalam menggalang Nadi, sehingga dapat membantu lebih banyak mahasiswa yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: