Sejarah Hari Kartini

[ 21 April, Hari Kartini ]

Sejarah diperingatinya Hari Kartini pada tanggal 21 April adalah setelah ditetapkan oleh Presiden Soekarno dengan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 tertanggal 2 Mei 1964 dimana Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan sekaligus menetapkan hari lahirnya yaitu tanggal 21 April diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Kartini banyak membaca surat kabar Semarang De Locomotief yang diasuh Pieter Brooshooft, ia juga menerima leestrommel (paket majalah yang diedarkan toko buku kepada langganan). Di antaranya terdapat majalah kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang cukup berat, juga ada majalah wanita Belanda De Hollandsche Lelie. Kartini pun kemudian beberapa kali mengirimkan tulisannya dan dimuat di De Hollandsche Lelie. Perhatiannya tidak hanya semata-mata soal emansipasi wanita, tapi juga masalah sosial umum. Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas. Di antara buku yang dibaca Kartini sebelum berumur 20, terdapat judul Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta karya Multatuli, yang pada November 1901 sudah dibacanya dua kali. Lalu De Stille Kraacht (Kekuatan Gaib) karya Louis Coperus.
Berkat kegigihannya Kartini, kemudian didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912, dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”. Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis.

Sumber:

http://www.serunik.com/2014/04/sejarah-hari-kartini-21-april-lengkap.html?m=1

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Twitter bit.ly/BEMUNJ_OFFICIAL
Instagram bit.ly/bemunj_official
Fanspage bit.ly/bemunjpage
Youtube bit.ly/SWARABEMUNJ
Website bit.ly/bemunj_site
Email bit.ly/bemunjmail
Oa Line bit.ly/bemunj_line
WhatsApp bit.ly/bemunj_WA

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Departemen Kominfo
BEM UNJ 2018
-Kabinet Jayakarta-
#KonsistensiMembangunNegeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: